Pages

Senin, 07 November 2011

pengertian web hosting & jenis-jenisnya

PENGERTIAN WEB HOSTING
 Hosting atau biasa disebut sebagai web hosting adalah layanan penyewaan ruang simpan data (space) yang digunakan untuk menyimpan data - data website agar halaman website tersebut bisa diakses dari mana saja. Data web tersebut meliputi file - file html, php script, cgi script, css, image, database, dan file lain yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman web.



JENIS-JENIS WEB HOSTING
1. Shared Hosting

Pada satu server yang sama terdapat banyak site/blog. Hosting model ini biasanya lebih murah, tapi bila site/blog anda menggunakan terlalu banyak resources server biasanya akan disuspend agar tidak menggangu site lainnya.

Hosting ini cocok untuk site atau blog kelas menegah kebawah (started blog). Penyedia layanan shared hosting seperti: Hostgator, Dreamhost, MWN (di Indonesia)

2. Grid Hosting

Web hosting ini tidak banyak berbeda dengan shared hosting, yaitu menempatkan banyak site pada satu server yang sama, hanya saja jika servernya over load maka akan dibantu oleh server lain untuk menghandlenya, disebut dengan teknologi grid, sehingga site anda tidak akan mudah down seperti shared hosting. Hal ini menjadikan Grid hosting menjadi lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting.

Digunakan oleh site/blog yang menginginkan live site nya lebih stabil dan tidak mudah down, biasanya yang mempunyai traffik yang cukup besar.

3. Virtual Private Server (VPS)

VPS juga hampir sama dengan shared hosting, pada satu server yang sama terdapat beberapa site. Pada VPS site/blog yang ada pada server jauh lebih sedikit dibandingkan dengan shared hosting, selain itu setiap site atau account pada model VPS mempunyai account root sendiri, mempunyai resources sendiri seperti, memory, hardisk. Dengan VPS seakan-akan kita mempunyai server sendiri.

Harganya cukup mahal dibandingan kan dengan Shared ataupun Grid Hosting. Pengguna VPS juga biasanya membutuhkan pengalaman lebih dalam menghandle suatu server, atau hostingnya karena hosting model VPS ini lebih kompleks dibandingan Shared ataupun Grid hosting. Cocok untuk site/blog yang menginginkan performa server yang lebih powerfull.

4. Dedicated Server

Dedicated server merupakan full hosting account, tidak sama halnya dengan jenis hosting shared, grid ataupun VPS, pada hostingan dedicated server anda mempunyai fisikal server sendiri tanpa berbagi dengan user lainnya. Semuar resources yang ada menjadi hak anda.. baik processor, memory, hardisk dan lainnya. Hal ini menjadikan harganya sangat mahal jika dibandingkan dengan ketiga jenis web hosting lainnya.

1 komentar:

Staff Sinteniki mengatakan...

Nah kalau hosting murah kok gak dibahas gan? saya nyoba di idwebhost.com itu, lumayan keren

Poskan Komentar